Selasa, 24 Januari 2012

Kemenhut Kerjasama IA ICITAP dan Launching DMS dengan Amerika Serikat


Kementerian Kehutanan akan melakukan penandatanganan kerjasama Implementation Arrangement International Criminal Investigative Training Assistance Program (IA ICITAP) dengan Pemerintah Amerika Serikat pada tanggal 25 Januari 2011, bertempat di Ruang Sonokeling, Manggala Wanabakti, Jakarta. Penandatanganan akan dilakukan oleh Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Kementerian Kehutanan, Ir. Darori MM dan Deputy Chief of Mission US Embassy Jakarta, Theodore G. Osius. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perlindungan hutan melalui pelaksanaan pendidikan, pelatihan, bantuan teknis, bantuan donasi dan pengembangan infrastruktur terbatas.

Setelah penandatangan, akan dilakukan Grand Launching Database Management System (DMS). DMS Register Perkara Online adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang dibangun oleh US Department of Justice (USDOJ) ICITAP bagi Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal PHKA sebagai bagian dari asistensi kepada Kemenhut sebagaimana dinyatakan dalam Implementation Arrangement (IA) antara Kemenhut dengan USDOJ ICITAP. DMS bertujuan meningkatkan kontribusi Kemenhut secara signifikan dalam upaya penegakan hukum dan konservasi diantara institusi pemerintah lainnya melalui pemanfaatan teknologi manajemen berbasis data register perkara secara online. DMS dibangun khusus bagi Direktorat Penyidikan dan Pengamanan Hutan (PPH), Ditjen PHKA yang berfungsi sebagai suatu aplikasi pencatatan dan penyimpanan serta pengelolaan data, sebagai pusat informasi data online, alat pemonitoran kasus, analisa, pengambilan keputusan dan tindakan bagi Direktorat PPH. DMS Register Perkara dibangun dalam rangka meningkatkan efektivitas penegakan hukum dalam menanggulangi kasus-kasus tindak pidana kehutanan.

Fitur yang ditampilkan dalam DMS yaitu penginputan data secara online ke satu server database, laporan waktu dan data terkini, update data dari dan ke server, data detil sesuai input, pencarian data berdasarkan Nomor, Nama, Kategori, Jenis, Wilayah, UPT, Lokasi, Pelapor, Penyidik, Status dan Waktu kejadian, pencarian barang bukti berdasarkan Nomor Laporan, Nama Barang, Jenis Barang, Merk/Pabrik, Model, Pemilik, Daftar Laporan berdasarkan proses hukum dan Register Perkara Pertahun untuk  setiap UPT maupun secara keseluruhan, Pencarian berdasarkan Nomor Laporan, Status Saksi atau Tersangka, Nama Depan, Nama Belakang, Kota, Warganegara, No Identitas, No Telp, Grafik berdasarkan kasus, Grafik berdasarkan Lokasi, dll.

Saat ini DMS telah terpasang di 1 lokasi server (Jakarta) dan 5 lokasi UPT yaitu BKSDA Kalimantan Timur, BKSDA Sumatera Utara, BKSDA Aceh, Taman Nasional Kutai, Taman Nasional Gunung Leuser (#)


                                                       Jakarta,  25    Januari 2012
                                                       Kepala Pusat,
                                                                                    
                                                       ttd   
                                                       S u m a r t o
                                                       NIP. 19610708 198703 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar