Selasa, 10 Januari 2012

Menhut Serahkan Penghargaan “PRIMA WANA MITRA” Tahun 2011


Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan akan menyerahkan penghargaan Prima Wana Mitra tahun 2011 kepada 21 industri dan 11 kelompok tani/koperasi yang giat berinovasi dan peduli pada pengembangan hutan rakyat. Penyerahan penghargaan akan dilakukan pada pembukaan Workshop “Industri Kehutanan berbasis Hutan Rakyat”, pada tanggal 27 Nopember 2011, bertempat di Hotel Twin Plaza, Jakarta. Pemberian penghargaan dimaksudkan untuk memacu industri untuk lebih giat lagi bermitra dengan masyarakat dalam pengembangan Hutan Rakyat, serta mendorong industri lain untuk melakukan kegiatan yang sama, terutama untuk industri yang berlokasi di Luar Jawa. Kemitraan ini sangat penting sebagai alat untuk mencapai agenda pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan khususnya di sektor kehutanan, sekaligus pengurangan pengangguran, dan peningkatan kontribusi kehutanan terhadap pertumbuhan ekonomi, serta perbaikan kualitas lingkungan.

Untuk mendorong pengembangan Industri kehutanan berbasis hutan rakyat, Kementerian Kehutanan menerapkan kebijakan relaksasi peraturan dalam pemberian perizinan industri, penyederhanaan Tata Usaha Kayu dari Hutan Rakyat, berupa penyerahan kewenangan Menteri kepada Kepala Desa/Lurah, dan mempromosikan produk-produk industri kehutanan yang berbahan baku kayu hutan rakyat. Kebijakan tersebut telah mendorong tumbuhnya Industri Primer Hasil Hutan Kayu. Sejak tahun 2006 sampai sekarang telah berdiri 67 (enam puluh tujuh) unit industri baru dengan investasi sebesar Rp. 12,4 triliun dan menyerap tenaga kerja sekitar 28 ribu orang.

21 Industri yang mendapat penghargaan yaitu PT. Albasi Priangan Lestari, PT. Albasia Bhumipala Persada; PT. Asia Forestama Raya, PT. Dinamika Maju Bersama, PT. Indotama Omicron Kahar, PT. Kharisma Megah Dharma, PT. Kutai Timber Indonesia, PT. Makmur Alam Lestari, PT. Makmur Alam Sentosa, PT. Mitra Lestari Abadi, PT. Mustika Buana Sejahtera, PT. Panca Usaha Palopo Plywood, PT. Pundi Uniwood Industry, PT. Persada Alam Usaha Lestari, PT. Sejahtera Usaha Bersama Unit Jombang, PT. Serayu Makmur Kayuindo, PT. Sumber Graha Sejahtera, PT. Sumber Karindo Sakti, PT. Wana Cahaya Nugraha, PT. Wana Makmur Sejahtera, PT. Xylo Indah Pratama, dan UD. Abioso. Sedangan kelompok tani atau koperasi yang mendapat penghargaan Koperasi Alas Mandiri KTI, Koperasi Binangun Jaya, Koperasi Hutan Rakyat Sengon Agung Bersama, Koperasi Sakai Sambayan, Kelompok Tani Jabon Kompeh Alam Persada, Kelompok Tani Marga Bhakti, Kelompok Tani Mekar Manunggal, Kelompok Tani Pulai dan Labu Sumber Harta, Kelompok Tani Sri Mulyo, Kelompok Tani Tani Mulya, Kelompok Tani Tunas Muda. (#)


                                                        Jakarta,    25  Nopember 2011
                                                        Kepala Pusat,


                                                        M a s y h u d
                                                        NIP.19561028 198303 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar