Rabu, 11 Januari 2012

SBY Tanam Manglid di Bukit Merah Putih Sentul

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono akan menanam Manglid (Manglietia glauca) pada puncak acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2011, pada tanggal 28 Nopember 2011, bertempat di Bukit Merah Putih, Indonesia Peace dan Security Centre, Sentul, Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Penanaman tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden SBY dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada pukul 08.30 WIB. Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono akan menanam Tangkil/Melinjo (Gnetum Gnemon), Wakil Presiden menanam Suren (Toona sureni), Ibu Wapres menanam Salam (Syzygium polyanthum), Menteri Kehutanan menanam Rasamala (Altingia exelca), Menteri Pertahanan menanam Mindi (Melia azedarach), dan Panglima TNI menanam Sungkai (Peronema canescens). Acara yang mengambil tema “Sukseskan Penanaman Satu Milyar Pohon” ini akan dihadiri sebanyak 8.820 orang yaitu tamu undangan sebanyak 1.870 orang dan peserta penanaman sebanyak 6.950 orang (2.000 orang dari AD, 1.000 orang dari AL, 1.000 orang dari AU, polisi sebanyak 1.500, Manggala Agni sebanyak 500, Penyuluh Kehutanan sebanyak 100, Pramuka sebanyak 500, Siswa SD/SLTP/SLTA sebanyak 350 siswa).

Beberapa Penghargaan dan Surat Keputusan akan diserahkan dalam acara puncak HMPI dan BMN tahun 2011. Presiden akan menyerahan penghargaan kepada Gubernur dan Bupati sebagai pemenang lomba penanaman satu milyar pohon tahun 2010 tingkat nasional, dan Gubernur Juara Umum Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari Tahun 2011 tingkat nasional. Sedangkan Menteri Kehutanan akan menyerahan SK Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) dan SK Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) kepada lembaga desa/kelompok masyarakat; serta menyerahan penghargaan Penanaman satu Milyar Pohon Tahun 2010 kepada Dirut BUMN/BUMS, Rektor Perguruan Tinggi dan Pimpinan organisasi masyarakat peduli penanaman pohon.

Selain penyerahan penghargaan, dalam peringatan HMPI dan BMN tahun 2011 Presiden RI akan melakukan video conference dengan Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Kalimantan Timur dan Pangdam I/Bukit Barisan. Video conference dengan Gubernur Jawa Tengah akan didampingi Pangdam IV/Diponegoro dengan latar belakang masyarakat yang sedang melaksanakan penanaman pada peringatan HMPI dan BMN tahun 2011 di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Video conference dengan Gubernur Kalimantan Timur akan didampingi oleh Pangdam VI/Mulawarman dengan latar belakang masyarakat yang sedang melaksanakan penanaman pada peringatan HMPI dan BMN tahun 2011 di Kabupaten Tenggarong, Kaltim. Video conference dengan Pangdam I/Bukit Barisan dengan latar belakang masyarakat yang sedang melaksanakan penanaman pada peringatan HMPI dan BMN tahun 2011 di Daerah Tangkapan Air Danau Toba. (#)

                 


                                                                       Jakarta,   25   Nopember 2011
                                                                       Kepala Pusat,
              
                
                                                                       M a s y h u d
                                                                       NIP.19561028 198303 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar