Rabu, 11 Januari 2012

Menhut Terima 5 SKKNI Sektor Kehutanan

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan akan menerima 5 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Penyuluhan Kehutanan (1 judul) dan Bidang Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial (4 judul), yang telah ditandatangani oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pada tanggal 23 Juni 2011, bertempat di Ruang Utama Kementerian Kehutanan akan dilakukan penandatanganan dan serah terima SKKNI Sektor Kehutanan tersebut dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi kepada Menteri Kehutanan.

Tersedianya tenaga kerja dan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki untuk menghadapi ketatnya persaingan global baik secara nasional maupun internasional. Tenaga kerja dan sumber daya manusia kehutanan yang kompeten adalah yang menguasai pengetahuan dan keterampilan serta memiliki perilaku yang tepat dalam melaksanakan tugasnya. Dalam rangka pengembangan standardisasi kompetensi kerja untuk mewujudkan tenaga sektor kehutanan yang kompeten dan profesional melalui sertifikasi kompetensi SDM, pada tahun 2009 juga telah ditetapkan 1 (satu) judul SKKNI Bidang Perencanaan, Pemanfaatan serta Reboisasi  dan Rehabilitasi Hutan sesuai Keputusan Menakertrans No. KEP. 59/MEN/III/2009. SKKNI ini telah menjadi acuan bagi Lembaga Sertifikasi Profesi untuk pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Dengan fasilitasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi, telah disertifikasi sejumlah 144 orang pada tenaga lingkup Perhutani. Target sampai dengan tahun 2014, jumlah tenaga teknis kehutanan yang melaksanakan uji kompetensi melalui LSP sebanyak 400 orang, sedangkan rencana uji kompetensi pada tahun 2011 sebanyak 200 orang terutama tenaga penyuluh kehutanan. Untuk Standar kompetensi internasional bidang konservasi, saat ini telah diverifikasi dan diimplementasikan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam terhadap aparat Taman Nasional dengan telah disertifikasinya sejumlah 43 orang.

Dengan diserahkannya 5 SKKNI sektor kehutanan ini, diharapkan akan terwujud tenaga kerja di sektor kehutanan yang kompeten di bidangnya sehingga dapat meningkatkan kinerja Kementerian Kehutanan yang berujung pada peningkatan produktifitas, kinerja lembaga atau institusi dan daya saing industri. (#)


                                                                                      
                                                                                       Jakarta,   22    Juni 2011
                                                                                       Kepala Pusat
   
                                                                                       M a s y h u d
                                                                                       NIP.19561028 198303 1 002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar